Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Doa Ulang Tahun Anak Terbaik Bahasa Arab

Doa Ulang Tahun anak Bahasa Arab - Dalam islam sering sekali berdebat mengenai apakah boleh memberikan ucapan ulang tahun kepada anak atau tidak. Meskipun banyak ulama menganggap bahwa ulang tahun merupakan budaya kafir, namun banyak juga para orang tua memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk anak – anaknya.


Terkadang masih banyak juga orang tua hanya sekedar memberikan ucapan “selamat ulang tahun buah hatiku atau Met milad anakku sayang”. Mungkin bagi anda yang belum bisa mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa arab bisa menyimak Doa Ualng Tahun anak Bahasa Arab yang kami berikan ini. Doa ini kami ambil di dalam kitab suci Al-Quran. 

Doa Untuk Anak Agar Diberi Umur yang Panjang
Hal yang paling sering diharapkan dan diminta oleh orang tua saat anaknya ulang tahun adalah memiliki umur yang panjang, umur yang barkah, dan umur yang bermanfaat. Oleh karena itu, pada tahap pertama ini kami berikan doa memohon panjang umur bacaan sebagi berikut :
اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Latinnya : “Allahumma, Thowwil Umuuronaa, Wa Shohhih Ajsaadanaa, Wa Nawwir Quluubanaa, Wa Sabbit Imaananaa, Wa Akhsin A'maalanaa, Wa Wassi Arzaqonaa, Wa Ilalkhoiri Qorribnaa, Wa 'Anisysyarri Ab' Idnaa, Waqdhi Khawaa-Ijanaa Fiddiini, Waddunyaa, Wal Aakhiroti Innaka 'Alaakulli Syai-In Qodiir”
Artinya : “Ya allah, panjatkanlah umur dalam mentaati-Mu dan mentaati utusan-Mu serta jadikanlah kami kami hamba – hamba-Mu yang sholeh” 

Doa Untuk Anak Agar Diberi Keselamatan dan Kesejahteraan 
Seorang orang tua yang anaknya sedang berulang tahun umumnya juga akan memohon untuk kesejahteraan dan keselamatan sang anak. Keselamatn yang diharapkan bisa saja berupa keberkahan rizki, penambahan ilmu, serta ampunan dari dosa – dosa.
اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ 

Latinnya : “Allahumma Innaa Nas Aluka, Salaamatan Fid Diin, Wa 'Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyaadatan Fil 'Ilmi, Wa Barokatan Fir Rizq, Wa Taubatan Qoblal Maut, Wa Rohmatan 'Indal Mauti, Wa Maghfirotan Ba'dal Mauti.“
Artinya : “Ya Tuhan, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zhalim dan selamatkanlah kami dengan curahan rahmat-Mu dari tipu daya orang – orang yang kafir.

Doa Untuk Anak Agar Anak Menjadi Anak yang Sholeh 

Orang tua juga menginginkan anaknya yang sedang ulang tahun menjadi anak yang sholeh maupun sholehah. Menjadi anak yang lebih berbakti kepada kedua orang tua.

                                                 رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Latinnya : “Robbi Hablii Mil Ladunka Dzurriyyatan Thoyyibatan. Innaka Samii'ud Du'aa.”
Artinya : “Ya Tuhanku, berikanlah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendekar Doa”
Baca juga : Kumpulan Ucapan Selamat Ulang Tahun yang Lainnya
Demikian Doa Ualng Tahun Anak Bahasa Arab dan artinya yang dapat kami sampaikan. Semoga doa ini menjadikan anak anda yang berulang tahun mendapatkan umur yang panjang, keselamatan dan kesejahteraan serta menjadikan anak anda menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Amin… semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para orang tua yang anaknya sedang berulang tahun.