Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Ulang Tahun Dalam Al’quran

Ulang tahun adalah hari dimana seseorang dilahirkan. Biasanya beberapa  tradisi budaya ulang tahun dirayakan dengan sebuah pesta bersama keluarga,sahabat atau teman, saudara, dan pacar.

Terkadang ada pesta yang dirayakan dengan membuat acara sehari penuh, ada yang membuat nasi tumpeng, namun ada juga yang dirayakan dengan bermuhasabah.

Bermuhasabah yakni melakukan perenungan hakikat dari berkurangnya usia yang dimilikinya.

Semakin bertambahnya umur berarti semakain pula dekat dengan kematian. Namun, kematian tidak bisa diprediksi. Kita sebagai umat muslim, harus berdoa saat hari ulang tahun kita tiba.

Dengan doa kita dapat bersyukur kepada Allah Swt atas nikmat yang telah diberikan yakni kita masih bisa menghirup udara segar. Seperti yang diajarkan Allah Swt dalam Al’quran lewat surat Maryam. Berikut ucapan ulang tahun yang dikutip dari surat maryam.
Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku. Pada hari kelahiranku, pada hari kematianku  dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali. (QS. Maryam : ayat 33)
Doa ulang tahun dalam Al’quran ini dapat membuat sang penerima doa mendapatkan banyak kebaikan dari Allah Swt. Kebaikan yang diberikan berupa kesejahteraan , pada saat ia meninggal, dan pada saat ia dibangkitkan kembali.
  1. Kesejahteran Saat Lahir
    Saat manusia dilahirkan akan mendapatkan kesejahteraan berupa kenikmatan untuk hidup dalam iman dan islam. Berada dikeluarga yang bernilai-nilai agama, kemudian diadzankan oleh ayah, mendapat nama yang islami, diakikahkan, dikhitan ( anak lali-laki), dan juga menikah dengan cara islam dan orang islam.

  2. Kesejahteraan saat meninggal
    Saat manusia meninggal akan diberikan kenikmatan sakaratul maut dengan lebih tenang dan damai. Malaikat akan menyabut ruh manusia dengan pelan dan halus sehingga tidak menyakiti ruh dan raganya. Sehingga saat manusia meninggal  akan mendapatkan kenikmatan Khusnul Khotimah. Dan manusia yang telah meningkal akan di khafani, disholati, dan dikuburkan.

  3. Kesejahteraan saat dibangkitkan kembali
    Saat semua manusia dibangkitkan dari alam Barzah, maka saat itu juga manusia akan mendapatkan safaat dari Rasulullah. Buku catatan amal manusia diberikan tangan kanan. Jika timbangan amal manusi berat ketika dihitung maka akan mendapatkan keindahan surga yang diada tara.


Maka doa ulang tahun dalam Al’quran ini perlu diberikan kepada seseorang yang sedang  ulang tahun. Dengan memberika doa ulang tahun maka seseorang tersebut akan mendapatkan doa yang indah. Sehingga seseorang tersebut  mendapatkan kesejahteran dan kemuliaan dari Allah Swt.