Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Kromo Inggil

Bahasa jawa yang memiliki tingkat paling tinggi disebut bahasa jawa kromo inggil. Bahasa jawa kromo inggil merupakan bahasa jawa yang paling sopan dan paling tinggi tingkatanya.

Bahasa jawa ini digunakan untuk bercakap cakap dengan orang yang stratanya lebih tinggi dan orang yang lebih dihormati. Misalnya anak kepada orang tua, bawahan kepada atasanya dan kepada orang orang yang dianggap penting seperti kepada pejabat, gubernur, guru dan lain lain.

Ketika mengucapkan selamat ulang tahun pada orang yang dianggap penting tadi juga tidak bisa sembarangan. Kamu harus menggunakan ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa kromo inggil.

Baca dulu : Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Inggris

Ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa kromo inggil hanya digunakan untuk orang orang yang benar benar dihormati. Bahasa jawa kromo inggil sedikit berbeda. Ada beberapa kata yang memiliki makna sama namun bentuk katanya berbeda.

Jadi jika kamu ingin mengucapkan selamat ulang tahun pada atasan atau guru atau orang tua kamu, gunakanlah ucapan selamat memakai bahasa jawa kromo inggil. Nah, kalau kamu belum tahu seperti apa ucapan selamatnya, berikut kami berikan contoh contohnya.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Kromo Inggil

Kalimat ucapan selamat ulang tahun dari bahasa jawa kromo inggil

Ngaturaken sugeng tanggap warsa kagem…….. Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening ingkang murbeng dumadi, allah swt.
Sugeng tanggap warsa dumateng…. Mugi gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, mugi gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.
Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan rejeki ingkang murwat.
Sugeng tanggap warso kagem … mugi-mugi tansah pinaringan bagas waras lan rahayu, tansah slamet kalis ing sambikolo, monggo dipu aturi dahar bancakaan saking poro widodari khayangan

Unggah-ungguh bahasa krama inggil untuk ucapan selamat ulang tahun

Memberikan ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa kromo inggil kepada orang yang dihormati merupakan adat istiadat jawa. Hal ini dilakukan untuk memberikan penghormatan bagi orang yang usianya diatas kita dan pangkat serta kedudukanya lebih terhormat bagi kita.

Hal ini merupakan salah satu contoh sopan santun dan adat jawa yang perlu kamu tahu dan laksanakan.

Nah, setelah kamu tahu ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa kromo inggil, saat memberikan ucapan selamat ulang dengan bahasa jawa, kamu tidak bisa sembarangan. Kamu harus mulai belajar untuk melaksanakan unggah-ungguh basa atau tata aturan bahasa jawa yang benar sesuai dengan kedudukanya.

Hal ini penting untuk diketahui agar tidak salah tata krama dalam memberikan ucapan selamat ulang tahun pada orang yang akan kamu berikan ucapan selamat ulang tahun.