Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Dan Artinya

Bahasa jawa merupakan salah satu bahasa daerah di indonesia yang banyak di gunakan. Bagi kamu yang orang jawa jangan sampai kehilangan bahasa nenek moyang ini. Melestarikan bahasa jawa bisa dilakukan dengan banyak hal.

Termasuk dengan hal kecil seperti menggunakan ucapan bahasa jawa untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun. Namun memberikan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa saja tidak cukup. Kamu perlu juga tahu ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa dan artinya.

Ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa dan artinya wajib kamu tahu. Agar kamu juga tahu makna yang terkandung dalam ucapan selamat ulang tahun.

Jadi ketika kamu memberikan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa, kamu juga tahu makna dan arti yang disampaikan dari kalimat tersebut. Umumnya ucapan selamat ulang tahun yang menggunakan bahasa jawa tersebut merupakan doa khusus yang memiliki makna tertentu.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa Dan Artinya

Inilah ucapan ulang tahun bahasa jawa dengan artinya

Sugeng tanggap warso kagem … mugi-mugi tansah pinaringan bagas waras lan rahayu, tansah slamet kalis ing sambikolo, monggo dipu aturi dahar bancakaan saking poro widodadri khayangan
Sugeng tumbuk warsa, mugi tansah pinaringan karahayon saking guti allah ingkang maha agung.
Sugeng tanggap warsa…mugi-mugi tansah pinaringan berkahing pengeran
Terbaru : Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Kekasih 
Ngaturaken sugeng tanggap warsa ingkang kaping kalih, mugi tansah pinaringan rahayu kagem sedulur.
Sugeng tanggap warsa…..doaku selalu menyertaimu tambah ayu lan lemu soyo pinter lan duwur lan tetep tresno aku tekan ajal tekoslamet ulang tahun
Muga-muga tinambahe umurmu dibarengi tinambahe becike atimulan mantepe kadewasanmu.
Ngaturaken sugeng tanggap warsa, mugi tansah pinaringan rahayu, lan barokah saking gusti alloh, amin

Ketahui makna dibalik ucapan ulang tahun dalam bahasa jawa

Misalnya kalimat ucapan selamat seperti ini : muga-muga tinambahe umurmu dibarengi tinambahe becike atimulan mantepe kadewasanmu. Memiliki makna yang mendalam.

Dalam ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa dan artinya adalah bagaimana mendoakan orang yang berulang tahun, mendapatkan umur panjang, kebaikan hati yang mendalam dan kedewasaan yang sesungguhnya.

Hal ini merupakan doa yang tulus dan baik bagi siapa saja yang berulang tahun. Kalimat lainnya misalnya seperti, sugeng tanggap warso kagem … mugi-mugi tansah pinaringan bagas waras lan rahayu, tansah slamet kalis ing sambikolo, monggo dipu aturi dahar bancakaan saking poro widodadri khayangan, memiliki arti bahwa doa untuk yang berulang tahun semoga mendapatkan kesehatan, kesejahteraan, diberikan kesehatan, keselamatan dan diberikan rezeki melimpah serta jodoh yang cantik.

Ucapan selamat yang diberikan doa tak sekedar panjang umur seperti ini tentu lebih baik ketimbang hanya mengucapkan selamat ulang tahun.

Oleh karena itu penting juga untuk mengetahui ucapan selamat ulang tahun bahasa jawa dan artinya agar dapat mendoakan yang baik bagi orang lain.