Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Ulang Tahun Untuk Anak Dalam Bahasa Arab dan Artinya

Doa Ulang Tahun Untuk Anak  Dalam Bahasa Arab - Semakin bertambahnya usia anak, makin terasalah suka cita mengingat perjuangan para orang tua dalam memberikan kehidupan yang terbaik bagi anaknya.

Meskipun kita sebagai umat muslim tidak di perbolehkan dalam memeringati kegembiraan secara berlebihan. Namun, kita sebagai umat muslim wajib bersyukur kepada sang pencipta dengan bertambahnya usia anak.


Para orang tua dapat mengungkapkan harapan untuk anaknya agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik, kesehatan dan diberikan umur yang panjang. Terkadang setiap keluarga mungkin memiliki beberapa kebiasaan saat merayakan bertambahnya usia anak, yakni diantaranya dengan berkumpul bersama dengan mengadakan pesta ulang tahun.

Pesta yang diadakan biasanya acaranya meriah dan mewah. Namun anda para orang tua harus tau bahwa islam mengajarkan umatnya kesederhanaan. Boleh saja berpesta, asalkan dengan akidah yang baik tidak berlebih – lebihan dan lebih baik lagi apabila pesta tersebut memberikan banyak manfaat untuk orang lain.

Baca juga : Kumpulan Ucapan Selamat Ulang Tahun yang Lainnya
Kemudian para orang tua juga memberikan ucapan selamat ulang tahun. Saat memperingati ulang tahun anak tidak hanya sekedar pemberian ucapan selamat ulang tahun saja melainkan juga pemberian kado spesial yang dapat bermanfaat untuk anak.

Jika anda para orang tua yang ingin tidak hanya memberikan ucapan ulang tahun melainkan doa dalam islam. Berikut adalah Doa Ulang Tahun Untuk Anak Dalam Bahasa Arab beserta artinya :

Doa Untuk Anak Agar Diberi Umur yang Panjang
َللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ
Latinnya : “Allahumma, Thowwil Umuuronaa, Wa Shohhih Ajsaadanaa, Wa Nawwir Quluubanaa, Wa Sabbit Imaananaa, Wa Akhsin A'maalanaa, Wa Wassi Arzaqonaa, Wa Ilalkhoiri Qorribnaa, Wa 'Anisysyarri Ab' Idnaa, Waqdhi Khawaa-Ijanaa Fiddiini, Waddunyaa, Wal Aakhiroti Innaka 'Alaakulli Syai-In Qodiir”
Artinya : “Ya allah, panjatkanlah umur dalam mentaati-Mu dan mentaati utusan-Mu serta jadikanlah kami kami hamba – hamba-Mu yang sholeh” 

Doa Untuk Anak Agar Diberi Keselamatan dan Kesejahteraan
اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ
Latinnya : “Allahumma Innaa Nas Aluka, Salaamatan Fid Diin, Wa 'Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyaadatan Fil 'Ilmi, Wa Barokatan Fir Rizq, Wa Taubatan Qoblal Maut, Wa Rohmatan 'Indal Mauti, Wa Maghfirotan Ba'dal Mauti.“
Artinya : “Ya Tuhan, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zhalim dan selamatkanlah kami dengan curahan rahmat-Mu dari tipu daya orang – orang yang kafir.

Doa Untuk Anak Agar Anak Menjadi Anak yang Sholeh 

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ
Latinnya : “Robbi Hablii Mil Ladunka Dzurriyyatan Thoyyibatan. Innaka Samii'ud Du'aa.”
Artinya : “Ya Tuhanku, berikanlah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendekar Doa”

Demikian Doa Ualng Tahun Untuk Anak Dalam Bahasa Arab dan artinya yang dapat saya sampaikan. Semoga doa ini menjadikan anak anda yang berulang tahun mendapatkan umur yang panjang, keselamatan dan kesejahteraan serta menjadikan anak anda menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Amin… semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para orang tua yang anaknya sedang berulang tahun.