Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Ulang Tahun Islam Dalam Bahasa Arab Terbaru


Doa ulang tahun islam dalam bahasa Arab  - Dalam Islam sering terjadi berdebatan apakah boleh memberikan ucapan ulang tahun kepada orang lain atau tidak. Meskipun ulama menganggap bahwa ulang tahun merupakan budaya kafir, namun banyak juga segelintir orang  yang masih memberikan ucapan ulang tahun kepada keluarga, teman dan saudara dekatnya. 

Terkadang banyak orang mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Islam seperti, “Selamat milad ya!”, “ Met milad ye bro/sis”. Mungkin anda yang belum terbiasa mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa islam pasti bertanya – tanya apa itu milad?

Milad asalnya dari bahasa Arab yang bermakna lahir, bisa kelahiran seseorang, lahirnya sebuah lembaga atau organisasi, dll. Itu merupakan ungkapan atau ucapan ulang tahun dalam bahasa Arab. Jadi maksud dari seseorang mengucapkan “Selamat milady a, bro/sis!” yaitu maknanya dapat diartikan seperti ketika seseorang bilang “ Bro/sis, selamat ulang tahun ya”.
Biasanya setelah mengucapkan “Selamat milad” pada umumnya akan diikuti ucapan “Barakallahu fi umrik”. Maksud arti dari kata tersebut adalah” Semoga Allah memberi berkah atas umurmu”. Seseorang yang telah diberi doa selamat ulang tahun umumnya akan membalas dengan ucapan “Jazakallahu khairan”. Makna dari ucapan ini yaitu “Semoga Allah membalasmudengan kebaikan”.

Makna dari semua apa? Maknanya yaitu  ketika seseorang yang ulang tahun telah didoakan dengan ucapan “Selamat milad ya, Barakallah fii umrik” berarti kita harus berterimakasi kepada pemberi doa tadi. Bentuk dari rasa terima kasihnya dengan membalas doa juga, yakni “Jazakallahu khairan”.

Inilah indahnya Islam, sesama muslim harus saling mendoakan dalam kebaikan. Segala sesuatu ucapan atau doa ini pada dasarnya adalah memohon kepada Allah agar diberikan keberkahan dalam umur, kesehatan, kemuliaan, kesejahteraan, serta keselamatan.



Selain doa singkat, ada juga doa khusus untuk yang ultah. Doa ini bisa untuk diri sendiri, keluarga, anak-anak, saudara maupun teman agar dapat diberi keberkahan dan kemuliaan dalam menjalani hidup. Berikut doa ulang tahun islam dalam bahasa Arab terbaru  :


Doa Ulang Tahun Memohon Panjang Umur
اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Latinnya : “Allahumma, Thowwil Umuuronaa, Wa Shohhih Ajsaadanaa, Wa Nawwir Quluubanaa, Wa Sabbit Imaananaa, Wa Akhsin A'maalanaa, Wa Wassi Arzaqonaa, Wa Ilalkhoiri Qorribnaa, Wa 'Anisysyarri Ab' Idnaa, Waqdhi Khawaa-Ijanaa Fiddiini, Waddunyaa, Wal Aakhiroti Innaka 'Alaakulli Syai-In Qodiir”


Doa Ulang Tahun Memohon Keselamatan dan Kesejahteraan
اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ 
Latinnya : “Allahumma Innaa Nas Aluka, Salaamatan Fid Diin, Wa 'Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyaadatan Fil 'Ilmi, Wa Barokatan Fir Rizq, Wa Taubatan Qoblal Maut, Wa Rohmatan 'Indal Mauti, Wa Maghfirotan Ba'dal Mauti.“


Doa Ulang Tahun Memohon Menjadi Anak yang Sholeh
رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Latinnya : “Robbi Hablii Mil Ladunka Dzurriyyatan Thoyyibatan. Innaka Samii'ud Du'aa.”


Doa Ulang Tahun Memohon Kemuliaan (keluarga)
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا 

Latinnya : “Robbanaa, Hablanaa Min Azwaajinaa, Wa Dzurriyyaatinaa, Qurrota A'yun, Waj-'Alnaa Limuttaqiina Imaama. “


Itulah beberapa doa ulang tahun islam dalam bahasa Arab, semoga doa-doa yang telah saya berikan dapat bermanfaat untuk anda.